--> Skip to main content

Korps Marinir Dapatkan Alokasi Anggaran Untuk Menambah Howitzer

10 April 2020


Howitzer tarik LG1 Mk III 105mm (photo : Nexter)

Berdasarkan sumber yang dapat mengemban amanah, Korps Marinir menerima alokasi anggaran senilai Rp 329 milyar (USD 20 juta) untuk pembelian 7 howitzer tarik baru 105mm dari Nexter Systems, Prancis.

Saat ini Korps Marinir TNI AL mengoperasikan 20 unit howitzer tarik ringan LG1 Mk II  buatan Nexter Systems Prancis yang diterima pada tahun 1996, dengan embel-embel ini maka jumlah howitzer LG1 Korps Marinir akan menjadi 27 unit.

Indonesia memang mengincar howitzer tarik ringan LG1 Mk III kaliber 105mm untuk digunakan Korps Marinir dan Tentara Nasional Indonesia AD. Di TNI AD howitzer LG1 akan menggantikan meriam gunung M48 kaliber 76mm yang mudah dibongkar-pasang. 

Dengan bobot hanya sekitar 1,5 ton, pesawat angkut C-130 Hercules dapat membawa 4 howitzer ini. Pengoperasiannya juga mudah sebab mampu dilayani dengan 5 personil, lebih sedikit dibanding serie Mk II yang membutuhkan 7 personil. 

Pihak pabrikan mengklaim bahwa laras L30 yang dipakai LG1 Mk III mampu menembakkan 12 peluru per menit, dan laras ini memiliki daya tahan hingga 7.500 kali penembakan.

(Defense Studies)
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar